KESEHATAN

Dinkes Kabupaten Tuban Sabet Juara Umum,Dalam Jambore Kader Posyandu Balita Jatim 2019.

Tuban, RepublikNews.

Sebagai Delegasi Kabupaten Tuban, Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban  mengukuhkan diri sebagai Juara Umum pada Jambore Kader Posyandu Balita 2019 yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi  Jawa Timur di Hotel Kusuma Agrowisata Batu Malang mulai tanggal 17-19 Juli 2019. Selain selain juara umum, Dinkes Kabupaten Tuban juga menjuarai sejumlah kategori Lomba , yaitu Juara 1 Lomba Majalah Dinding, Juara 2 Lomba Penyuluhan, serta Juara 3 Lomba Vlog.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak mengungkapkan kader posyandu merupakan ujung tombak PKK dalam menggerakkan masyarakat, utamanya dalam membangun kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat. Kader posyandu menjadi garda terdepan yang mampu memberikan pengaruh pada masyarakat untuk peduli pada kesehatan balita dan ibu hamil. ” Kader berperan untuk selalu memantau kesehatan masyarakat melalui posyandu,” ungkap istri Wagub Jatim.

Arumi menyampaikan Jambore kader posyandu ini merupakan wahana untuk memberikan reward, edukasi dan refreshing bagi kader posyandu terbaik di Jawa Timur yang sebagai wakil dari 38 Kabupaten/Kota. Momen jambore kader posyandu ini memberi ruang kepada para kader untuk menunjukkan kemampuan dan keterampiln, para kader juga bisa berkompetisi dalam berbagai lomba yang diselenggarakan.

Baca Juga :  Kumpulkan Barang Bukti Penyebab Kebakaran Pasar Baru Tuban , Labfor Polda Jatim Turun ke Lokasi.

“Saya berharap para kader juga saling berbagi dan memberi inspirasi agar inovasi di posyandu selalu muncul dan berkembang, sehingga posyandu semakin menarik dan meningkat kinerjanya,” harap artis terkemuka Indonesia itu yang sangat berharap agar acara jambore kader kali ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab, agenda rutin dua tahunan TP PKK Prov. Jatim ini bisa dijadikan wahana edukasi bagi para kader posyandu.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Tuban, Hj.Endah Nurul K.ST, mengatakan prestasi kali ini tidak lepas dari peran serta dari ketua Tim pengerak PKK Kabupaten Tuban yang selalu mendukung setiap kegiatan terkait dengan kader Posyandu. Tidak hanya itu, dukungan anggaran dari Pemkab Tuban dan desa, juga tidak lepas dari pembinaan yang sudah dilakukan oleh Puskesmas dalam peningkatan kompetensi kader Posyandu.

Baca Juga :  Dinkes Tuban Siap Adakan Lomba Desa Siaga Aktif. Gelar Rakor Tim Pokjanal.

Endah Nurul menambahkan pihaknya intens melakukan pembinaan pada kader posyandu baik melalui pertemuan, rapat koordinasi lintas sektor dan lintas program, dan pelatihan kader. “Sekaligus melalui lomba Taman posyandu dan kegiatan jambore kader posyandu yang rutin dilakukan setiap tahun,” ungkapnya.

Kabid Kesmas Dinkes Tuban Lulut Purwanto.DCN menyampaikan ” Tentu Kejuaraan ini menginspirasi dan memotivasi kader yang lain dalam rangka peningkatan kapasitas kader untuk memberi pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas dan fungsinya.” kata Lulut.

Sementara, Kasi Promkes dan Pemmas Dinkes Tuban Windu Budiati.SKM usai mengikuti Jambore kader Posyandu Balita 2019 pada Rnews Tuban mengatakan,

” Kami akan tetap melakukan pembinaan pada semua kader,  dalam rangka mengoptimalkan peran kader dalam mendukung program kesehatan dan kalau perlu kita mengupayakan untuk peningkatan jumlah kader, sehingga kita harapkan dengan semakin banyaknya ibu-ibu dan remaja yang menjadi kader kesehatan akan membantu serta memudahkan petugas kesehatan dalam mewujudkan keluarga sehat, desa sehat, Kecamatan sehat dan Kabupaten sehat,selain itu kita juga berharap melalui kader-kader yang berprestasi ini kita juga dapat mengadvokasi pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk tetap bisa memberikan dukungannya pada kader untuk kegiatan yang terkait pemberdayaan masyarakat dalam rangka mempromosikan program kesehatan.” terang Windu.

Baca Juga :  Diresmikan Bupati , Musholla Baitul Mutholibin SMK TJP Tuban.

Sebatas diketahui bahwa,
Dinkes Kabupaten Tuban pada tanggal 04/07/2019 telah menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Tuban yang diikuti 200 kader posyandu dari seluruh kecamatan, yang mana Puskesmas Bangilan menyabet sebagai Juara Umum, Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda,Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tuban, Kepala beserta pejabat Dinkes Tuban,serta Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Drg.Vitria Dewi.M.Si.(@nt).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!